Adik-adik Mau Ujian…? yuukk…

Sambut Ujian Dengan Gembira

Oleh: Siti Khuzaiyah

Adik-adik, waktu ujian akhir sekolah sudah semakin dekat. Tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut ujian tersebut. Berikut kakak berikan kiat-kiat suksesnya:

  1. Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan penting dilakukan. Apalagi pada saat-saat menjelang ujian seperti ini. Resep praktisnya yaitu dengan makan teratur, perbanyak minum air putih, perbanyak istirahat dan jangan sampai terlalu lelah. Jika adik-adik merasa tidak enak badan, segera beritahu ibu/ keluarga supaya segera mendapatkan pertolongan pertama. Jangan sampai kalian terlalu lelah menyiapkan ujian, hingga akhirnya sakit dan justru tidak bisa ikut ujian. Sayang kan? 

  1. Rapikan Buku dan Catatan

Melengkapi buku dan merapikan catatan hendaknya dilakukan paling tidak dua bulan menjelang ujian. Kalau masih ada catatan yang kurang lengkap, bisa meminjam teman kita yang catatannya lebih lengkap. Catatlah dengan rajin dan mudah dibaca, biar adik-adik lebih mudah saat belajar.

  1. Buat Rangkuman Materi

Membuat rangkuman materi akan memudahkan kita dalam memahami pelajaran. Misalnya saja, materi pelajaran yang kita dapatkan dari sekolah setebal 100 halaman. Kalian bisa meringkasnya dengan memilih mana materi yang penting untuk dibuat dalam catatan kecil yang lebih ringkas. Hal ini akan memudahkan kita dalam belajar.

  1. Jangan Hanya Menghafal, Tapi Harus Dipahami

Dengan memahami kita akan lebih mudah mengingat materi yang kita pelajari. Sedangkan kalau kita hanya menghafal, materi itu akan mudah hilang dari ingatan kita.

 

  1. Belajar Secara Rutin dan  Berkesinambungan

Belajar sedikit demi sedikit secara rutin (setiap hari) akan lebih baik daripada belajar banyak tapi hanya sekali saja.

Dengan belajar sedikit tapi terus-menerus kita akan merasakan bahwa belajar itu sebenarnya mudah.

  1. Perbanyak Latihan Soal

Dengan banyak latihan, soal-soal yang tadinya terasa sulit akan menjadi mudah untuk dikerjakan. Soal-soal bisa kalian dapatkan dari buku kumpulan soal-soal ujian akhir. Atau kalian bisa minta soal-soal ujian tahun lalu kepada guru kelas. Guru kelas akan dengan senang hati memberikan soal-soal tersebut kepada muridnya.

  1. Jangan Malu Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan.

Kalau adik-adik masih merasa bingung atau kesulitan dalam memahami suatu pelajaran, coba tanyakan pelajaran itu kepada guru yang bersangkutan. Atau kalau adik-adik mengalami kesulitan itu saat belajar di rumah, coba tanyakan pelajaran itu kepada bapak, ibu, kakak atau siapa saja yang ada di rumah. Mereka akan dengan senang hati menjelaskan permasalahan yang kalian hadapi.

  1. Hindari Cara Belajar Semalam Suntuk

Belajar semalam suntuk akan membuat adik-adik lemas. Selain itu materi yang dipelajari juga tidak akan bisa dipahami dengan baik.

  1. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Misalnya adik-adik senang dengan suasana taman atau sawah, maka tidak ada salahnya kalian belajar di taman ataupun sawah itu. Atau kalian bisa mengganti posisi meja belajar supaya tidak membosankan. Usahakan untuk selalu menikmati saat-saat belajar kalian, sehingga kita tidak merasa jenuh dan suntuk saat belajar. Kalau perlu ganti lampu di meja belajar dengan lampu yang lebih terang, biar mata kita tidak sakit saat membaca.

  1. Minta Doa Restu Ibu dan Bapak

Katakanlah kepada Bapak dan Ibu : “Pak, Bu, sebentar lagi adik ujian. Doakan ya supaya adik lulus dengan nilai yang baik,”

Ibu dan Bapak akan merasa senang mendengar permintaan kalian dan mereka akan dengan senang hati mendoakan supaya kalian lulus dan sukses. Doa mereka lebih mudah dikabulkan lho dik. Senang kan dapat doa restu dari orang tua?

  1. Minta Dukungan Kakak, Adik dan Keluarga yang Lain

Katakan kepada mereka : “Pak, Bu, Kak, Dik, Budi sebentar lagi ujian. Bantu Budi untuk belajar ya… Kalau Budi belajar seharian di kamar dan tidak membantu pekerjaan rumah jangan dimarahi ya. Oya, adik juga jangan mengganggu kalau kakak sedang belajar…” Dengan cara seperti ini keluarga akan memahami kesibukan belajar kalian dan kalian akan merasa lebih nyaman saat belajar.

  1. Jangan Lupa Berdoa

Setelah kita berusaha, jangan lupa berdoa : “Ya Allah, berikanlah kecemerlangan hati, kecemerlangan otak, dan kecemerlangan ingatan agar hamba dapat dengan mudah memahami ilmu-Mu.” Atau berdoa: “Ya Allah, Permudahkanlah segala urusan hamba dan berikanlah hamba ilmu yang bermanfaat” Amiin.

Dengan berdoa setiap usaha dan belajar kita akan terasa lebih mudah.

Terakhir, kakak ucapkan Selamat belajar dan menempuh ujian akhir. Semoga kalian lulus dengan nilai yang memuaskan dan bisa melanjutkan ke sekolah yang kalian harapkan. Dan kelak bisa menjadi orang-orang yang sukses. Semangat ya Dik!

                                                                                                Pekalongan, 13 Maret 2008

Ditulis dalam AnAk-anak. Tag: . 2 Comments »

2 Tanggapan to “Adik-adik Mau Ujian…? yuukk…”

  1. Hartono Says:

    Mohon ijin, artikelnya kami pergunakan

  2. ukht Says:

    Untuk pk/bung hartono, silahkan dipergunakan… asal memberi manfaat dan tdk disalahgunakan (serta mencantumkan sumbernya).

    Salam Kreatif!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: