Yuuk BikiN UsAhA MAndiRi…

MANA PILIHANMU….?

– Ketika dihadapin pada suatu hal yang nuntut kita buat nyari tambahan duit sendiri, kebingungan kadang muncul di benak kita. Inginnya kerja part time, tapi apa yang bisa qt kerjakan sebagai anak sekolahan yang notabene “Belum punya ketrampilan khusus” dan masih terpaku sama jadwal sekolah?

Seperti yang udah dibahas pada minggu kemarin, kerja part time memiliki seabrek manfaat buat kita. Selain kita bisa dapet duit, kerja part time juga akan menorehkan pengalaman berharga serta melatih kemandirian kita. Pertanyaan yang muncul ketika kita udah mutusin untuk kerja part time adalah “Kerja apa yang dapat kita lakuin sementara kita masih sekolah?”

Eits, tunggu dulu, meski secara kasat mata kita punya waktu dan kemampuan terbatas, bukan berarti kita tidak bisa ngelakuin apa-apat buat nyari penghasilan sendiri. Berikut beberapa yang bisa dijadiin alternatif :

1.      Jualan pulsa (counter berjalan)

Tidak dipungkiri lagi bahwa saat ini pulsa menjadi kebutuhan pokok buat kita. Terutama buat anak-anak sekolah. Nah, kenapa tidak kita manfaatin aja peluang ini? Temen-temen tentu lebih enjoy kalo yang jualan pulsa temen sendiri. Selain aksesnya mudah (karena gak perlu ke counter, tinggal sms si temen yang jual pulsa, pulsa pun akan ditransfer), mereka juga gak malu kalau mesti telat bayarnya.

Awalnya kita bisa pinjam modal dari ortu atau saudara kita (yah, antara 100-300 ribu) sebagai saldo awalnya. Kalo udah jalan, kita bisa ngembaliin modal itu pada mereka. Yang pasti semakin banyak teman, jaringanmu akan makin luas dan pelanggan pun makin bertambah. Gak percaya? Coba aja!

2.      Jual makanan ringan ato kue-kue

Ini bisa kita lakuin dengan ngejualin kue tetangga yang produsen kue, atau mungkin kue bikinan si bunda. Risoles, bronies, kripik, kacang bisa menjadi alternatif. Kita bisa menjualnya di kelas pada saat gak ada jam pelajaran. Cukup kita taruh diatas meja, pembeli yang notabene teman kita akan datang dengan sendirinya. Yang mesti diperhatikan, sesuaiin kue yang kita jual dengan selera teman-teman secara umum. Biar temen-temen gak males belinya.

3.      Les privat

Kita bisa kasih les privat pada adik-adik SD yang notabene tingkat kesulitan mapelnya gak terlalu tinggi. Sesuaikan mapel yang kita les-kan dengan kemampuan yang kita miliki. Matematika, IPA, Bahasa Inggris menjadi mapel favorit untuk les privat. Kita bisa dalami materi-materi tersebut untuk bekal ngasih les mereka. Jangan bilang gak bisa, kita udah dapet ilmunya loh! Saat ngasih les privat , usahakan untuk akrab ama anak-anak didik kita (cie…anak didik!). Mereka pasti seneng.

Dengan ngasih les privat, kita bisa ngatur jadwal kerja sesuai dengan jadwal yang kita miliki gak terpaku ama jadwal tempat kerja secara umum. Enak kan?

4.      Jaga warnet

Buat kita-kita yang hobi nge-net, internet sudah bukan lagi barang asing. Nah, buat yang terbiasa nge-net, kita punya peluang untuk kerja part time jaga warnet. Kerjaan ini membawa keasyikan tersendiri loh. Selain bisa dapet duit, kita juga bisa akses dan nyari bahan buat makalah atau tugas di internet everytime, dan gratis lagi!!

5.      Rental / Pengetikan

Disini kita bisa ngembangin kemampuan dan kecepatan kita ngetik. Kita juga bisa belajar tentang pengoperasian komputer lebih mendalam pada penjaga rental “terdahulu”. Yakin deh, ini bakal bermanfaat banget buat bekal kita. Kerja plus belajar sekaligus. Mau?

6.      Bikin hasta karya dan jual pernak-pernik

Nah, buat kamu-kamu yang punya keterampilan dan kreativitas tinggi, gak ada salahnya coba bikin handycraft yang menarik untuk dijual ke teman-teman kita. Bikin yang simpel, tapi menarik. Misal, buat kamu yang hobi nyulam, coba bikin sapu tangan yang disulan indah dengan tulisan nama temen-temenmu. Buat kamu-kamu yang seneng ngrangkai mote, kamu bisa bikin gelang, bandul tas/kunci, tempat pensil, dan sebagainya yang menarik buat temen-temen. Yang penting jadikan keterampilan yang kamu miliki untuk nyiptain handycraft yang unik dan spesial buat temen-temen, dijamin deh, mereka bakalan suka.

7.      Nulis dan kirimkan

Nulis adalah kerjaan yang bisa kita lakuin di rumah. Nulis apa aja! Sesuaikan dengan minat dan hoby kamu. Buat yang suka puisi, tulislah puisi. Buat yang suka cerpen, tulis cerpen. Buat yang suka artikel, tulislah artikel, dan lain-lain. Semakin sering kita nulis, kemampuan nulis kita akan semakin terasah.

Kalau udah ditulis, jangan cuma disimpen di dalam laci. Kirimkan ke media. Jika ternyata belum layak muat jangan juga kecewa, kirimkan lagi. Semakin sering kita kirim ke media, kesempatan dimuat akan makin lebar. So, jangan nyerah ya… Dengan nulis kita akan dapat dua keuntungan sekaligus, honor dan bisa terkenal. Siapa mau? Makanya ayo nulis!

Yakinlah, dengan bekal kreatif yang kita miliki, kita akan bisa mecahin tiap permasalahan kita, termasuk saat harus kerja part time. Then, what is your choice? Never say No before Try!

                                                                                               

Pekalongan, 17 Maret 2008

 

Ditulis dalam ArTikEL UMuM. 6 Comments »

6 Tanggapan to “Yuuk BikiN UsAhA MAndiRi…”

  1. YUSUF Says:

    BAGUS BANGET MBAK… SUPPORT DECH

  2. AutHor PeLaNgi "Khuzaiyah" Says:

    Assalaamualikum mas yusuf…dimana nih?
    salam kenal ya.
    terimakasih sudah mampir di blog saya….

  3. Retno Cantik Says:

    wah, Oma, aku dah pernah ngerasain … hampir semua, kecuali nomor 4 ama 5. Khm….tapi yang masih bertahan cuma dua, salah satunya nomor 7. Cuma belakangan aneh sendiri….berasa merusak banyak orang. hehehehe…. Nomor 3….hehehe…that’s just my hobby, ga pengen ngambil untung. Tapi emang dasarnya Retno buoros banget, tetep aja masih minta tambahan ortu………………

  4. AutHor PeLaNgi "Khuzaiyah" Says:

    Assalaamualaikum trez…
    makasih sdh berkenan mampir kesini.
    kalo blh tau, knapa kok merasa merusak? apanya yang dirusak tuh…?

    kemudian, untuk nomor 7 yang tres maksud, memang sejak dulu saya juga menyayangkan hal itu. karena karya2mu sebenarnya bagus2 dan layak diedarkan (menurutku). cuma mungkin belum berkesempatan kali ya…:-)

    yang pasti, jgn sampai semua naskah itu hanya ditahan di almari atau di komputer aja ya…kasihan tuh, lama-lama malah jadi menjamur dan jadi tempat rayap (*_*). jangan sampai kuliah malah mbuat tres gk semangat nulis.

    yuuk, bikin target, qt balapan, siapa yang bakal lebih dulu ngelahirin karya (dlm buku)?
    semangat!!!

  5. AutHor PeLaNgi "Khuzaiyah" Says:

    Oya Tres, setelah kemarin ikut ANTIBIOTIC 4 (Annual Training for Better Organization and Islamic Health Conference yang diselenggarakan di UNISSULA, rasanya semangat menulisku mencuat kembali. waktu itu ada mb Asma NAdia yang jadi pembicara Workshop Menulisnya, dan aku sekedar mendampingi.

    meskipun yang datang saat itu hampir seluruhnya mahasiswa kedokteran (karena acara ini diadakan oleh FULDFK- Forum Ukhuwah Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran), jadi ya lebih condong ke penulisan `kedokteran penuh warna` hehe.
    tapi tetep berhasil menyentuh semngat menulisku yang akhir-akhir ini rodo kendur
    Chayo, menulis adalah belajar! Belajar adalah Menulis!
    (*_*)

  6. Cara Bisnis Pulsa Says:

    semoga tercapai mbak..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: