Setiap perjuangan harus disertai kesabaran!

Ya, dalam perjuangan penuh tantangan, dalam tantangan ada hambatan, dalam hambatan ada keganasan. Keganasan yang hanya bisa mati oleh kesabaran!

Begitulah kiranya arti sebuah kesabaran dalam tiap tetes pejuangan kita. Jika kita meninggalkan barang sedetikpun kesabaran itu, niscaya airmata yang akan mengalir di hati dan kekesalan yang akan merasuki jiwa.

Hakikat perjuangan sebenarnya sangat luas. Hampir di setiap aktivitas kita merupakan perjuangan. Perjuangan untuk hidup, perjuangan untuk kuliah, perjuangan untuk datang tepat waktu, perjuangan untuk dapat IP memuaskan, perjuangan untuk selalu naik tingkat, perjuangan untuk bisa beramal di lingkungan sekitar, perjuangan untuk bisa berbuat yang terbaik, bla-bla-bla…semua adalah perjuangan! Perjuangan yang harus dijalani dengan perjuangan juga!

Yah! Begitu besar makna sebuah perjuangan. Dengan perjuangan kita bisa menggapai yang terbaik. Dengan perjuangan kita bisa tetap tersenyum di kala hati menangis. Dengan perjuangan kita bisa bersemangat di tengah kelelahan. Dengan perjuangan, kita…Ah, begitu besar arti sebuah perjuangan.

Menyadari begitu besar nilai perjuangan, sudah seharusnya perjuangan itu mendapat hak tertingginya: kesabaran! Ibarat bunga dari tangkainya, perjuangan tidak akan pernah terpisahkan dari kesabaran (seharusnya). Bunga perjuangan, tangkai kesabaran. Sekali tangkai kesabaran itu layu, maka bunga perjuangan akan begitu mudah gugur dan berserakan di tanah gersang berduri. Mati!

“Aku terkadang menangis ketika ingat begitu berat perjuangan ini. tapi kesabaran telah menghiburku. Aku ingin tertawa ketika ingat begitu indah dan gemerlapnya perjuangan di dunia ini. Tapi kesabaran dengan lembut membelaiku dan berkata lirih: ada perjuangan lebih besar yang menanti di depanmu. Aku sering tertidur lelap terbuai mimpi tak karuan, tapi sekali lagi kesabaran itu dengan penuh kesabaran membangunkanku dari mimpi dan berkata: realita lebih tajam anakku”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: