Hitung Status Gizi Kamu

Apakah saat ini kamu ngerasa tubuhmu terlalu kurus? Atau justru ngerasa kelebihan BB? Atau kamu uring-uringan ketika ada yang bilang:

”Ih, tubuh kok kayak drum. Diet dikit dong…!”

Mending stop dulu deh pikiran-pikairan negatif tentang tubuhmu. Coba kamu ukur berapa TB (Tinggi Badan) dan BB (Berat Badan) mu, kemudian hitung dengan rumus IMT (Indeks Masa Tubuh) untuk mengetahui apakah benar tubuhmu terlalu kurus ataukah terlalu gemuk.

Setelah kamu dapatkan berapa BB dan TB kamu, kemudian hitung dengan rumus berikut:

IMT =              BB (kg)

              TB(m) x TB(m)

Dari hasil rumus tersebut, kemudian hasilnya digolongkan ke dalam tiga kategori sbb:

 

Kategori

IMT

Kurus

Kekurangan BB tingkat berat

 < 17,0

Kekurangan BB tingkat ringan

17,0-18,5

Normal

 

>18,5-25,0

Gemuk

Kelebihan BB tingkat ringan

>25,0-27,0

Kelebihan BB tingkat berat

 

>27,0

 

Tabel kategori ambang batas IMT untuk Indonesia (sumber:Depkes, 1994 Pedoman Praktis Pemantauan Status Gizi Orang Dewasa, Jakarta halaman 4) diambil dari Supariasa, 2002, Penilaian Status Gizi:EGC)

 

Sebagai contoh BB kamu adalah 45 kg, TB kamu adalah 158 cm. Maka perhitungannya adalah sbb:

IMT:               45         : 45  : 18

                1,58 x 1,58    2.5

 Dari hasil perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tubuh kamu tergolong kurus sehingga kamu harus naikin BB kamu hingga mencapai 46,25 kg – 62,5 kg.

Contoh lain misal BB kamu 72 kg dan TB kamu adalah 160 cm. Maka perhitungannya adalah:

IMT:               72         : 45  : 28,125

                1,6 x 1,6       2,56

Dari hasil perhitungan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tubuh kamu mengalami kelebihan BB, sehingga kamu memang harus nurunin BB hingga mencapai 48kg-64kg.

Sekarang coba kamu timbang BB kamu dan Ukur TB kamu.

Kalau udah, coba deh hitung berapa IMT kamu.

Oya, untuk penghitungan menggunakan IMT ini, berlaku untuk kamu yang berusia ≥ 18 tahun. Sedangkan untuk yang kurang dari 18 tahun bisa mengguanakan skala normogram berikut:

Gambar dari http://www.fegato.it

Sudah selesai? Berapa hasilnya?

Nah, setelah kamu tahu keadaan tubuh kamu melalui IMT ini, maka sudah saatnya kamu evaluasi dan perbaiki pola makan kamu. Jangan makan sembarangan dan janagn pula diet sembarangan. Karena kedua hal tersebut bisa berdampak kurang baik pada kesehatanmu.

lihat juga bidanpekajangan.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

2 Tanggapan to “Hitung Status Gizi Kamu”

  1. Gus AR sibedug Kajen Says:

    Begitu aku kauberitahu kalau Anda buka web bidanpekajangan wordpress maka hari ini pula aku buka situsmu dan kini aku beri komentar.
    Setelah aku cermati nggak nyangka deh tulisanmu seperti kolumnis terkenal dan berpengalaman aja.
    Teruskan menulis biar ilmumu juga bertambah dan doakan aku juga bisa menulis minimal seperti kamu

  2. sunarno sahlan Says:

    siplah, bisa dicoba


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: